Minggu, 16 Oktober 2011

Sejarah Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia

TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia

Oli Sintetik

Oli sintetik mobil-motor Indonesia

mobil-motor Indonesia

#

Oli dalam bahasa inggris adalah oil. Oil mempunyai arti minyak dan apabila kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia minyak mempunyai arti yang bermacam-macam. Ada minyak goring, minyak tanah, minyak rambut, minyak sayur, minyak bumi dan jenis minyak lainnya. Minyak disini tentunya harus kita artikan lebih spesifik terutama yang berkaitan dengan oli sintetik. Dalam pembahasan berikutnya kita akan lebih sering menggunakan istilah oli daripada minyak. Karena jika kita menggunakan istilah minyak maka akan banyak mengandung kecumbuhan arti. Misalnya jika kita menggunakan istilah minyak untuk motor bisa diartikan bermacam-macam. Minyak untuk mengkilapkan motor, minyak tanah dan berbagai term yang lainnya.

TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia

Oli Sintetik

Oli sintetik mobil-motor Indonesia

mobil-motor Indonesia

#

Kita kembali kepada sejarah oli, sejarah oli berawal dari tahun 1930. Terutama perusahaan yang berasal dari Negara di Jerman. Bersamaan pula pengembangan oli yang berada di Amerika serikat juga mengembangkan tentang riset oli. Kita ketahui bersama bahwa saat era tahun 1930 merupakan awal perkembangan dunia otomotif yang begitu sangat genjar. Wajar jika Negara jerman menjadi pusat otomotif dunia karena merupakan Negara yang banyak mengembangkan riset di bidang otomotif. Begitu pula dengan Amerika yang mengembangkan berbagai riset untuk tehnologi yang termasuk didalamnya adalah pengembangan tingkay lanjut di seputar otomotif. Dan hasilnya kita ketahui bersama bahwa Negara Jerman dan Amerika masih menjadi barometer otomotif dunia.

TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia

Oli Sintetik

Oli sintetik mobil-motor Indonesia

mobil-motor Indonesia

#

Fungsi awal pengembangan oli pada saat itu adalah untuk bahan bakar pesawat tempur. Era 1930 adalah era yang identik dengan bergejolaknya perang dunia II. Dan pengembangan pesawat terbang merupakan pengembanga yang mutakhir untuk menciptakan berbagai serangan yang baru dan lebih cepat di banding perang dengan menggunakan tehnologi yang biasa. Misalnya hanya dengan menggunakan senjata laras panjang. Bandingkan dengan pesawat terbang yang hanya melintas dan diberi persenjataan lengkap bisa menewaskan banyak orang. Disinilah mulai Negara jerman dan Amerika serikat mengembangkan tehnologi penggunaan terutama untuk perang dunia ke II. Dan hasilnya bisa kita lihat masah ini.

TOP 1 Oli sintetik mobil-motor Indonesia

Oli Sintetik

Oli sintetik mobil-motor Indonesia

mobil-motor Indonesia

#

Pengembangan oli pertama kali adalah untuk pesawat terbang. Namun berikutnya seiring dengan perkembangan jaman. Oli bukan hanya dimanfaatkan untuk pesawat terbang. Juga digunakan untuk oli motor, oli diesel, dan berbagai kebutuhan lain yang berkaitan dengan otomotif. Tokoh-tokoh yang berperan penting dalam sejarah pengembangan oli sintetik ini antara lain : Dr. Hermann Zorn dari Jerman, kemudian ada William Albert Ziesman seorang peneliti dari Amerika Serikat. Sedangkan perusahaan yang mengembangkannya antara lain : chevron, conocophilips, dan Synlub. Ketiga perusahaan ini sangat berperan penting dalam pengembangan sejarah oli sintetik. Terlebih pengembangan oli sintetik yang ada di Indonesia. Dimana diantara ketiga perusahaan besar tersebut juga mengembangkan ekspansi bisnisnya di Indonesia seperti yang kita ketahui antara lain Chevron dan Conocophilip

Mengapa disebut oli sintetik karena kita ketahui bersama pada cairan ini bekerja pada temperature yang signifikan. Tidak semua cairan bisa untuk melewati temperature yang tinggi. Terutama piston-piston dalam dunia otomotif tidak bisa sembarang cairan mampu untuk menyeimbangkan kerja piston-piston tersebut. Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan oli sintetik ini antara lain : dapat berjalan dengan seimbang dalam proses kerjanya walaupun dalam temperature yang tinggi, bahan kimia yang bagus, dapat bertahan dalam kondisi cuaca apapun termasuk cuaca dingin, lebih ekonomis, terutama penggunaannya untuk oli sintetik motor atau oli sintetik mobil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar